tags: surat lamaran kerja bahasa inggris, surat lamaran kerja fresh graduate, surat lamaran kerja umum, surat lamaran kerja bank, surat lamaran kerja yang baik, surat lamaran kerja via email, surat lamaran kerja in english, surat lamaran kerja tulis tanganSudah tahukan Anda apa itu Event Organizer? Jika belum akan kami jelaskan disini deskripsi serta pekerjaan yang terkait dengan Event Organizer tsb. Event Organizer adalah penyelenggara acara, istilahnya menyediakan jasa profesional untuk kegiatan-kegiatan penting. Istilah lainnya sering disebut EO. Pada dasarnya tugas dari EO ini adalah membantu kliennya (client) untuk menyelenggarakan acara yang akan diadakan.
Event Organizer Dalam Dunia Usaha
Perkembangan dunia usaha di Indonesia saat ini telah menuju ke arah yang menggembirakan. Terbukti dengan semakin menjamurnya berbagai bentuk badan usaha yang bergerak dalam bidang barang maupun jasa, baik itu skala kecil maupun besar. Salah satunya adalah Event Organizer.
Yang di maksudkan dengan Event Organizer disini tentunya lebih mengarah kepada sebuah profesi, yaitu sebuah lembaga (formal maupun non formal) yang diberikan kepercayaan untuk mempersiapkan dan melakukan kegiatan. Misalnya: peluncuran suatu produk baru, pesta, seminar, pagelaran musik, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya di sesuaikan dengan anggaran serta permintaan pengguna jasa atau inisiatif Event Organizer itu sendiri.
Yang membedakan sebuah Event Organizer dalam bentuk kepanitian (in-house production) dan Event Organizer yang mengarah pada profesi, dapat dilihat dari keberlangsungan event organizer itu sendiri. Apabila dalam bentuk kepanitiaan, setelah kegiatan selesai dilaksanakan maka selesai pula tugas orang-orang yang terlibat di dalam kepanitiaan. Sedangkan dalam event organizer yang mengarah pada profesi, meskipun kegiatan telah berakhir, akan tetapi kegiatan orang-orang di dalamnya akan tetap berlangsung.
Tahapan Menyelenggarakan Event
Untuk mewujudkan kesuksesan sebuah event merupakan sebuah kerja keras yang membutuhkan konsep yang jelas dan terarah. Di bawah ini beberapa tahapan strategis dalam menyelenggarakan sebuah event:
- Konsep yang menarik dan kreatif
- Proses tahapan pembuatan event
- Eksekusi event yang significant
Dalam rencana pembuatan konsep event, kita harus kritis dengan apa yang sedang marak di lingkungan kita, baik lokal, nasional, maupun global (update). Setelah tema tercipta, maka kita harus memberikan perbedaan dalam konsep tersebut dari event organizer yang lain. Kita harus berani melakukan eksperimen dalam pembuatan konsep yang berbeda, bahkan jika perlu sesuatu yang belum pernah di bayangkan orang.
“Jelas itu sangat penting, karena itulah sebuah EO harus memiliki ide-ide kreatif. Kita tidak ingin membuat suatu acara hanya sebatas acara biasa. Tetapi alangkah baiknya jika acara tersebut dapat membuat kenangan tersendiri. Dari konsep inilah semua rancangan acara akan kita buat,” (Williem Hasli, Direktur Apple Advertising & Event Organizer).
Proses Tahapan Pembuatan Event
- Mencari konsep yang kreatif.
- Menuangkan konsep dalam suatu rancangan tertulis.
- Membentuk tim untuk event yang akan di selenggarakan.
- Membicarakan konsep dengan tim dan membuat skema aturan mainnya (Kerangka Pikiran), kemudian menyusunnya dalam bentuk proposal.
- Menentukan pihak-pihak yang akan terlibat dalam event tersebut, dan membuat daftar tujuan proposal.
- Menyebarluaskan proposal, dengan cara yang tepat.
- Melakukan follow up terhadap proposal, dan memberikan batas waktu kepada calon sponsor.
- Menghubungi seluruh supplier, pengisi acara, reconfirm venue dan seluruh atribut pendukung lainnya. Seperti, perijinan, keamanan dll.
- Melakukan kontrak kepada semua pihak
- Melakukan technical meeting dengan seluruh pengisi/pendukung acara.
- Jika diperlukan melakukan konferensi pers.
- Melakukan publikasi.
- Merekruit sesuai dengan kebutuhan.
- Siap melakukan loading dan akhirnya eksekusi.
Eksekusi Event Yang Significant
- Pemilihan orang-orang yang berpotensi dan sesuai dengan posisi yang akan dilakukan di event tersebut, misal; stage manager, seksi perlengkapan, seksi dokumentasi, seksi konsumsi, dll..
- Pemilihan supplier yang significant dan berkualitas, baik dalam hal perlengkapan, konsumsi, dll.
- Membuat rundown acara yang tidak boleh ada putusnya, tetap mengalir (padat).
- Tepat waktu.
- Konsep event harus sesuai dengan apa yang telah dipresentasikan awal kepada klien.
- Sesering mungkin meng-announce produk klien kepada audience, atau ucapan terima kasih.
- Menjaga keamanan dan ketertiban event sehingga tidak menelan korban jiwa atau sejenisnya.
- Hasil acara diliput di media cetak / elektronik
Mungkin itulah sekilas penjelasan tentang tugas dan pekerjaan orang-orang yang bernaung di dunia Event Organizer. Jika Anda berminat untuk melamar kerja untuk menjadi seorang EO namun tidak tahu bagaimanac ara membaut surat lamaran kerja Event Organizer yang baik dan benar, dibawah ini telah kami sediakan beberapa contoh surat lamaran kerja Event Organizer yang bisa Anda download langsung: